Kamis, 11 Januari 2018

Fase Bulan

8 Macam macam Fase Bulan dan Pergerakannya




Tahukah anda bahwa jarak bulan ke bumi adalah 239.000 mil atau secara akuratnya 384.000 kilometer. Ukuran bulan lebih kecil dari pada bumi yaitu hanya berjarak 3.476 kilometer atau
berdiameter 2159 mil .Bagian bagian dari bulan semua mendapatkan sinar yang terang dari sinar matahari secara bergantian secara teratur dan akurat, tetapi ada bagian bulan yang tidak mendapatkan sinar matahari selama bertahun tahun, bulan tersebut dinamakan sebagai
fase bulan. Fase bulan selalu berubah ubah dan memiliki bentuk serta cahaya yang berbeda beda termasuk Perubahan dari bulan kebulan sabit untuk menjadi bulan purnama lalu akan kembali keposisi sabit satu bulan  yaitu 29 hari.

Inilah hubungan fase bulan yang selalu konsisten berlawanan mengikuti arah jarum jam  selama ratusan tahun. Dan berikut adalah macam macam fase bulan :

1. Bulan baru ( ada tetapi tak terlihat) – adalah dimana sisi bulan yang berhadapan akurat dengan bumi tetapi tidak mendapat penyinaran apapun dari matahari. Akibatnya bulan ini ada tetapi cenderung sulit terlihat dari bumi.

2. Waxing crescent atau bulan sabit muda – Awalnya muncul dilangit sebagai bulan baru yang berbentuk seperti segaris batang kayu lalu perlaahan berubah menjadi bulan sabit. Bentuknya melengkung kearah kiri daan akhirnya lama kelamaan berubah menjadi setengah lingkaran bulan. Kondisi ini akan berlangsung selama 7 hari dan peride ini disebut kuartal pertama bulan. Bulan baru adalah dimana sisi bulan yang berhadapan akurat dengan bumi tetapi tidak mendapat penyinaran apapun dari matahari. Akibatnya bulan ini ada tetaapi cenderung sulit terlihat dari bumi.

3. Third quartel 3 ( bulan kuartal 3) – Dimana posisi bulan hanya terlihat setengah bagian saja jika dilihat dari permukaan bumi

4. Waxing Gibbous – Bentuk bulan yang mempunyai kecenderungan seperti setengah bulan berubah menjadi terlihat lebih besar pada permukaannya yang datar. Kondisi Setelah 7 hari kemudian maka periode ini disebut sebagai kuartal kedua bulan.

5. Bulan purnama atau bulan penuh – adalah dimana sisi bulan yang tepat berhadapan dengan bumi dan mendapatkan sinar matahari secara keseluruhan  ini terjadi ketika bulan berada disisi yang berlawanan dari bumi.

6. Wanning Gibbous atau bulan muda yang mengecil – Pada kuartal bulan ketiga bulan purnama yang terlihat dari bumi adalah setengah bulan terapi hanya terlihat setengahnya saja yaitu dari sisi kanan yang makin lama makin mengecil.

7. First Quartel (bulan kuartal satu) – Bulan paada kuartal satu bulan hanya terlihat setengah dan perlahan memghilang lalu muncul kembali dengan bentuk dan ukuran yang sama.

8. Wanning Crescent atau bulan tua yang mengecil – Dari bumi kita dapat melihat dengan jelas posisi bulan sabit dan sabit,  yang mendapat sinar matahari akan nampak bersinar setengah bulan saja itu dikarenakan adanya pantulan dari cahaya matahari . Bulan sabit mulai menghilang ketika menginjak kuartal terakhir yang menjadikan setengah buln kembali keposisi bulan sabit tetapi kearah kanan dan kembali kearah titik dimana bulan itu mulai  mengecil lalu menghilang.


Sumber:https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/macam-macam-fase-bulan
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Satelit Alam

Satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan periode rotasi&revolusi tertentu. Satelit Bumi 1.Bulan    Bulan diperk...

efek salju

Animasi

kursor

Sun 4

clock

lagu

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Sun 4

Unordered List

Pages