Kamis, 11 Januari 2018

Macam Gerhana Matahari


Terdapat beberapa jenis gerhana matahari diantaranya:


Gerhana Matahari Total

 


Gerhana matahari ini terjadi saat sinar matahari yang menuju bumi terhalang sepenuhnya oleh bayang-bayang bulan. Pada saat itu kedudukan bumi, bulan dan matahari berada pada satu garis lurus. Fenomena gerhana matahari total seperti ini pastinya sangat jarang terjadi
dan mungkin seseorang hanya dapat melihat gerhana ini sekali dalam seumur hidup. Meskipun jarang terjadi, jangan memaksakan diri untuk melihat gerhana ini dengan mata telanjang. Karena hal tersebut sangat berbahaya, untuk melihatnya sebaiknya melalui pengamanan alat khusus ataupun melalui rekaman.

Gerhana Matahari Sebagian



Gerhana matahari sebagian terjadi saat sinar matahari yang menuju bumi terhalangi oleh bayang-bayang penumbra bulan. Ketika gerhana ini berlangsung, akan terlihat sebagian cakram matahari tertutup cakram bulan.

Gerhana Matahari Cincin



Gerhana matahari ini terjadi saat bumi mengalami lanjutan umbra bulan yakni saat bulan berada pada titik terjauh dari bumi. Gerhana ini bisa ditandai dengan adanya garis cahaya membentuk lingkaran cincin yang memiliki lubang hitam ditengahnya.

Gerhana Matahari Hibrid



Gerhana hibrid bergerak antara gerhana total dan cincin. Saat titik tertentu di permukaan bumi, gerhana ini muncul sebagai gerhana total, sedangkan pada titik-titik lain muncul sebagai gerhana cincin. Fenomena gerhana matahari hibrid relatif jarang terjadi.



Sumber:https://www.sekolahpendidikan.com/2017/08/pengertian-gerhana-dan-macam-macam.html#
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Satelit Alam

Satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan periode rotasi&revolusi tertentu. Satelit Bumi 1.Bulan    Bulan diperk...

efek salju

Animasi

kursor

Sun 4

clock

lagu

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Sun 4

Unordered List

Pages